Contoh Pidato Siswa Tentang Semangat Sumpah Pemuda

Pelajar Mania | Sumpah pemuda merupakan salah satu peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia. Peristiwa sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928 membuktikan bahwa bangsa Indonesia sudah ada dan bersatu. Yang dimaksud sumpah pemuda adalah sebuah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 letaknya di kota Batavia yang saat ini lebih dikenal dengan kota Jakarta.

Keputusan ini menegaskan cita-cita di mana akan ada tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia. Dengan adanya keputusan ini diharapkan bisa menjadi asas untuk setiap perkumpulan kebangsaan Indonesia, disebarkan melalui surat kabar, dibacakan lewat tulisan, serta di muka umum.
Bunyi ikrar sumpah pemuda :

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sebagai peringatan atas peristiwa sumpah pemuda maka setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari sumpah pemuda.

Sebagai seorang pelajar generasi penerus bangsa kita diharapkan untuk mengisi kemerdekaan dengan semangat sumpah pemuda. Salah satu yang dapat memotivasi semangat pemuda indonesia yaitu dengan cara melalui pidato peringatan sumpah pemuda. 


CONTOH PIDATO SISWA TENTANG SUMPAH PEMUDA

Asslamualaikum Wr. Wb
Yang terhormat Kepala SMP ..........................
Yang terhormat Wali Kelas IX A
Yang terhormat bapak, ibu guru beserta seluruh staff karyawan dan karyawati
Dan Teman – teman yang saya cintai

Alahamdulillah hirobbil 'alamin rasa syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas berkah rahmat, dan inayahNya lah kita semua dapat berkumpul disini dengan kondisi sehat dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda.

Shalawat serta salam marilah kita sampaikan kepada nabi besar yang telah menyelamatkan kita dari jurang kebodohan, Nabi Muhammad SAW. Semoga kita menjadi salah satu orang yang diberikan syafaat olehnya di Yaumil Akhir kelak amin.

Hadirin yang berbahagia,

Delapan puluh tujuh tahun yang lalu, tepatnya 28 oktober 1928 terjadilah suatu hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Hari tersebut juga telah menentukan nasib bangsa ini sehingga Negara ini menjadi Negara yang merdeka seperti saat ini. Delapan puluh tujuh tahun yang lalu, pemuda – pemuda dari beberapa daerah di Indonesia berkumpul dalam satu tempat dengan satu tujuan yang sama. 

Perkumpulan tersebut dinamakan dengan kongres pemuda dan menghasilkan sebuah sumpah yang sangat penting bagi bangsa ini, yaitu sumpah pemuda. Yang berbunyi :

KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA

KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Sumpah pertama mengikrarkan bahwa seluruh pemuda Indonesia bersaksi bahwa Indonesia adalah tanah air mereka. Sumpah yang kedua menyatakan bahwa kita adalah bangsa Indonesia dan yang terakhir menyatakan bahwa bahasa kita adalah satu, yaitu bangsa Indonesia. 

Sumpah inilah yang menjadi tonggak perjuangan bangsa kita. Dengan lahirnya sumpah ini, semua pemuda Indonesia bersatu untuk melawan penjajah. 

Hadirin yang saya hormati.
Apa yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita sangatlah penting untuk diteladani. Mereka sadar bahwa kaum mudalah yang akan menentukan nasib bangsa ini. Coba bayangkan jika mereka tidak bersatu untuk melawan para penjajah, pasti saat ini juga kita masih berada di dalam cengkraman penjajah. 

Untuk itulah kita sebagai generasi pemuda harus meneruskan semangat persatuan mereka. Saat ini kita tidak perlu lagi mengangkat senjata, tetapi hanya dengan mengisi kemerdekaan ini saja. Namun sebenarnya, tugas kita ini pun bisa menjadi sulit karena pepatah yang mengatakan bahwa mempertahankan lebih sulit daripada mendapatkan. 

Oleh karena itu, sebagai pemuda yang hidup di jaman ini jangan sampai kita terlena dengan kemerdekaan yang telah tercapai. Justru, kita harus lebih bersemangat lagi untuk membawa nama baik Indonesia ke kancah internasional dengan cara berprestasi.

Hadirin yang berbahagia, 
Pentingnnya peran pemuda ini bahkan diakaui sendiri oleh presiden pertama kita, Soekarano yang berkata, “beri aku sepuluh pemuda maka aku akan mengguncang dunia.” Statemen tersebut menunjukan betapa besar peran pemuda bagi kehidupan sebuh bangsa.

Oleh karena itu, di momen peringatan hari sumpah pemuda ini marilah kita kembali menyonsong semangat persatuan yang telah memudar dari diri kita. Mari kita menjaga persatuan ini dan jangan sampai kita tercerai berai karena jika kita tidak bersatu, maka hancurlah bangsa ini. 

Hadirin yang berbahagia,
Saya kira apa yang bisa saya sampaikan cukup sampai di sini. Untuk mengakhiri pidato ini saya berpesan kepada seluruh pemuda – pemudi yang ada untuk menjaga dan mengamalkan sumpah pemuda ini. 

Demikian yang bisa saya sampaikan, jika ada salah kata dalam penyampaian pidato ini, saya mohon maaf. Salam Sumpah Pemuda.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Demikian Contoh Pidato Siswa Tentang Semangat Sumpah Pemuda, semoga dapat menjadi contoh untuk sobat yang akan membuat pidato dalam memperingati hari sumpah pemuda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Pidato Siswa Tentang Semangat Sumpah Pemuda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel