Diagnosa Kerusakan pada Sistem Rem Tromol
Semakin pesatnya dunia otomotif saat ini, mempengaruhi kehidupan masyarakat secara umum dalam memenuhi kebutuhan hidup. Hal ini disebabkan karena banyak alat transportasi seperti mobil atau motor yang digunakan untuk mendukung segala usaha dan aktivitasnya.
Untuk menghindari kemungkinan buruk sebagaimana dijelaskan di atas, hendaknya alat transportasi (mobil/motor) agar dalam kondisi baik. Tentu hal ini membutuhkan perawatan.
Untuk menghindari kemungkinan buruk sebagaimana dijelaskan di atas, hendaknya alat transportasi (mobil/motor) agar dalam kondisi baik. Tentu hal ini membutuhkan perawatan.
A.
Diagnosa
Kerusakna
No.
|
Gangguan
|
Kerusakan
|
Cara Mengatasi
|
1.
|
Pedal rem rendah/ ringan
|
-
Pipa rem aus
-
Ped rem aus
-
Kebocoran sistem rem
-
Master silinder rusak
-
Silinder rusak
-
Silinder rem rusak
-
Perpat piston rusak
/aus
-
Penyetel belakang
otomatis rem belakang rusak
|
-
Ganti pipa rem
-
Ganti ped rem
-
Perbaiki kebocoran
-
Perbaiki/ganti master
silinder
-
Perbaiki silinder
roda
-
Perbaiki silinder
-
Perbaiki silinder rem
-
Perbaiki/ganti
penyetel
|
2.
|
Rem macet
|
-
Rem parkir salah
penyetelan
-
Kabel rem parker
macet
-
Batang pendorong
booster salah penyetelan
-
Tegangan pegas
pengembali lemah
-
Saluran rem tersumbat
|
-
Stel batang pendorong
-
Ganti pegas
pengembali
|
3.
|
Rem menarik kea rah satu arah
|
-
Tekanan udara ban
salah
-
Sepatu/pad rem
tercemar oli
-
Sepatu rem mengeliat
pelapis rem aus/berkaca
-
Pada rem menggeliat
aus atau berkaca
|
-
Periksa tekanan udara
ban
-
Periksa penyebabnya
dan ganti sepatu rem/pad rem
-
Ganti sepatu rem
-
Ganti pad rem
|
4.
|
Rem blong
|
-
Minyak rem habis
-
Udara terlalu banyak
-
Nepel bocor
|
-
Isi ulang
-
Membleeding
-
Perbaiki/ganti
|
5.
|
Pedal berat tapi pengereman kurang
|
-
Sepatu/pad rem
tercemar oli
-
Sepatu rem menggeliat
pelapis rem aus, berkaca atau tromol aus
-
Pad rem menggeliat
aus atau berkaca
-
Booster rem rusak
|
-
Periksa penyebab dan
ganti
-
Ganti sepatu rem
-
Ganti pad rem
-
Perbaiki booster
|
6.
|
Jarak pedal terlalu tinggi
|
-
Penyetel tidak benar
-
Tekanan minyak dan
udara besar
|
-
Perbaiki/stel
-
Perbaiki
|
7.
|
Timbul suara mengerit atau ketukan
bila direm
|
-
Sepatu rem lengket
terhadap backing plate
-
Tonjolan backing
plate aus
-
Pegas penataan sepatu
rem
|
-
Lumasi
-
Ganti dan lumasi
tonjolan
-
Ganti pegas penahan
sepatu rem
|
8.
|
Jarak pedal terlalu dekat
|
-
Tromol dan kampas
terlalu dekat
-
Shil road bocor
|
-
Perbaiki
-
Ganti
|
9.
|
Rem bantat
|
-
Kampas rem habis
-
Wheel boot bocor
-
Shil road bocor
|
-
Ganti
-
Ganti
-
Ganti
|
10.
|
Pedal rem tidak kembali
|
-
Pegas pengembali
lemah
-
Angin terlalu banyak
-
Tekanan minyak dan
udara kecil
|
-
Ganti
-
Perbaiki
-
Perbaiki
|
11.
|
Lampu rem tidak menyala
|
-
Kabel rem putus
-
Lampu rem putus
-
Arus tidak mengalir
dengan lancer
|
-
Perbaiki
-
Ganti
-
Perbaiki
|
12.
|
Timbul secara gesekan bila direm
|
-
Sepatu/pad rem aus
-
Terjadi gesekan
antara caliper dengan roda/votode.
-
Terjaid pergesekan
penutup debu dengan rotor/backing plate
|
-
Bubut kembali
tromol/piringan bila tergores parah
-
Ganti yang diperlukan
-
Perbaiki/ganti
|
13.
|
Minyak rem cepat habis
|
-
Wheel boot bocor
-
Nepel bocor
-
Reserovoirnya bocor
|
-
Ganti
-
Perbaiki
-
Ganti
|
14.
|
Rem mudah panas
|
-
Penyetelan tidak
benar
-
Jarak antara tromol
dengan kampas terlalu dekat
|
-
Perbaiki
-
Ganti
|
15.
|
Minyak rem bocor
|
-
Wheel boot bocor
-
Cup rem bocor
-
Nepel bocor
|
-
Ganti
-
Ganti
-
Ganti
|
16.
|
Minyak rem tidak dapat mengalir
|
-
Pipa rem tersumbat
-
Reservoir tersumbat
-
Nepel tersumbat
|
-
Perbaiki
-
Perbaiki
-
Perbaiki
|
17.
|
Nepel selalu bocor
|
-
Aliran tersumbat
-
Nepel sudah aus
|
-
Perbaiki
-
Ganti
|
18.
|
Permukaan tromol selalu basah dengan
oli
|
-
Shil roda bocor
-
Wheel boot bocor
-
Cup rem bocor
|
-
Ganti
-
Ganti
-
Ganti
|
19.
|
Roda blog walaupun sudah diganti
|
-
Tromol sudah terkikis
-
Wheel boot bocor
-
Shill roda bocor
|
-
Ganti
-
Ganti
-
Ganti
|
20.
|
Rem sulit distel
|
-
Penyetelan tidak
berputar
-
Cup rem bocor
-
Pistonnya sudah aus
|
-
Perbiaki/ganti
-
Aus ganti
-
Aus ganti
|
21.
|
Rem gancet
|
-
Pegas pengembali
lemah
-
Tekanan minyak dan
udara tidak ada
|
-
Ganti
-
Perbaiki
|
22.
|
Tekanan udara lebih tinggi dari minyak
rem
|
-
Masuk angin
-
Minyak rem habis
-
Pemblendingan tidak
benar
|
-
Perbaiki
-
Isi ulang
-
Perbaiki
|
23.
|
Kampas rem cepat habis
|
-
Jarak kampas terlalu
dekat dengan tromol
-
Penyetelan tidak
benar
-
Rem terlalu pakem
|
-
Perbaiki
-
Perbaiki
-
Perbaiki
|
24.
|
Timbul suara jerit habis di rem
|
-
Tromol dari pelapis
rem kotor dan pad aus/tergores
-
Pelepas/pad rem kotor
tercemar/berkaca
-
Kesalahan pengguna pelapis
atau pad rem
|
-
Periksa,
perbaiki/ganti
-
Bersihkan/perbaiki
-
Periksa dan stel
|
25.
|
Cup rem mudah bocor
|
-
Piston tidak bekerja
dengan baik
-
Kualitas cup rem
tidak bagus
|
-
Perbaiki
-
Ganti
|
26.
|
Rem tidak pakem
|
-
Pemasangannya tidak
benar
-
Kampas habis
-
Minyak rem habis
-
Shil roda bocor
|
-
Perbaiki
-
Ganti
-
Isi ulang
-
Ganti
|
27.
|
Troma cepat panas
|
-
Penyetelan tinggi
sebelah
-
Pemasangannya tidak
benar
-
Kampas selalu
bergesekan dengan tromol
|
-
Perbaiki
-
Perbaiki
-
Perbaiki
|
28.
|
Lampu rem tidak menyala
|
-
Kabel putus
-
Arus listrik
terputus-putus
-
Lampunya putus
|
-
Perbaiki
-
Perbaiki
-
Ganti
|
29.
|
Timbul suara derit walaupun tidak
direm
|
-
Pedal rem/batang
pendorong booster
-
Daya kembali booster
rem/master silinder roda lemah.
-
Pedal penahan septum
rem lemah
-
Tonjolan backing
plate aus backing plate bergerak
-
Kesalahan pembuatan
tromol
|
-
Periksa dan stel
-
Periksa/pebaiki/ganti
-
Ganti pegas
-
Perbaiki
-
Ganti tromol
|
30.
|
Timbul suara gemrincing atau suara
kerukan
|
-
Adanya batu/benda
asing yang ada di dalam tromol.
-
Mur roda kendor
-
Pedal rem/batang
pendorong booster rem salah
-
Bantalan roda aus,
rusak/kering
|
-
Keluarkan benda
asing/aut
-
Kencangkan mur
tersebut
-
Periksa dan setel
-
Periksa/lumasi, atau
ganti bantalan
|
0 Response to "Diagnosa Kerusakan pada Sistem Rem Tromol"
Post a Comment