Diagnosa Kerusakan pada Sistem Rem Tromol

Semakin pesatnya dunia otomotif saat ini, mempengaruhi kehidupan masyarakat secara umum dalam memenuhi kebutuhan hidup. Hal ini disebabkan karena banyak alat transportasi seperti mobil atau motor yang digunakan untuk mendukung segala usaha dan aktivitasnya.

Untuk menghindari kemungkinan buruk sebagaimana dijelaskan di atas, hendaknya alat transportasi (mobil/motor) agar dalam kondisi baik. Tentu hal ini membutuhkan  perawatan.

A.    Diagnosa Kerusakna
No.
Gangguan
Kerusakan
Cara Mengatasi
1.       
Pedal rem rendah/ ringan
-          Pipa rem aus
-          Ped rem aus
-          Kebocoran sistem rem
-          Master silinder rusak

-          Silinder rusak

-          Silinder rem rusak

-          Perpat piston rusak /aus
-          Penyetel belakang otomatis rem belakang rusak
-          Ganti pipa rem
-          Ganti ped rem
-          Perbaiki kebocoran

-          Perbaiki/ganti master silinder
-          Perbaiki silinder roda
-          Perbaiki silinder

-          Perbaiki silinder rem
-          Perbaiki/ganti penyetel
2.       
Rem macet
-          Rem parkir salah penyetelan
-          Kabel rem parker macet
-          Batang pendorong booster salah penyetelan
-          Tegangan pegas pengembali lemah
-          Saluran rem tersumbat




-          Stel batang pendorong

-          Ganti pegas pengembali
3.       
Rem menarik kea rah satu arah
-          Tekanan udara ban salah
-          Sepatu/pad rem tercemar oli


-          Sepatu rem mengeliat pelapis rem aus/berkaca
-          Pada rem menggeliat aus atau berkaca
-          Periksa tekanan udara ban
-          Periksa penyebabnya dan ganti sepatu rem/pad rem
-          Ganti sepatu rem


-          Ganti pad rem
4.       
Rem blong
-          Minyak rem habis
-          Udara terlalu banyak
-          Nepel bocor
-          Isi ulang
-          Membleeding
-          Perbaiki/ganti
5.       
Pedal berat tapi pengereman kurang
-          Sepatu/pad rem tercemar oli
-          Sepatu rem menggeliat pelapis rem aus, berkaca atau tromol aus
-          Pad rem menggeliat aus atau berkaca
-          Booster rem rusak
-          Periksa penyebab dan ganti
-          Ganti sepatu rem



-          Ganti pad rem

-          Perbaiki booster
6.       
Jarak pedal terlalu tinggi
-          Penyetel tidak benar
-          Tekanan minyak dan udara besar
-          Perbaiki/stel
-          Perbaiki
7.       
Timbul suara mengerit atau ketukan bila direm
-          Sepatu rem lengket terhadap backing plate
-          Tonjolan backing plate aus
-          Pegas penataan sepatu rem
-          Lumasi


-          Ganti dan lumasi tonjolan
-          Ganti pegas penahan sepatu rem
8.       
Jarak pedal terlalu dekat
-          Tromol dan kampas terlalu dekat
-          Shil road bocor
-          Perbaiki

-          Ganti
9.       
Rem bantat
-          Kampas rem habis
-          Wheel boot bocor
-          Shil road bocor
-          Ganti
-          Ganti
-          Ganti
10.   
Pedal rem tidak kembali
-          Pegas pengembali lemah
-          Angin terlalu banyak
-          Tekanan minyak dan udara kecil
-          Ganti

-          Perbaiki
-          Perbaiki
11.   
Lampu rem tidak menyala
-          Kabel rem putus
-          Lampu rem putus
-          Arus tidak mengalir dengan lancer
-          Perbaiki
-          Ganti
-          Perbaiki
12.   
Timbul secara gesekan bila direm
-          Sepatu/pad rem aus


-          Terjadi gesekan antara caliper dengan roda/votode.
-          Terjaid pergesekan penutup debu dengan rotor/backing plate
-          Bubut kembali tromol/piringan bila tergores parah
-          Ganti yang diperlukan

-          Perbaiki/ganti
13.   
Minyak rem cepat habis
-          Wheel boot bocor
-          Nepel bocor
-          Reserovoirnya bocor
-          Ganti
-          Perbaiki
-          Ganti
14.   
Rem mudah panas
-          Penyetelan tidak benar
-          Jarak antara tromol dengan kampas terlalu dekat
-          Perbaiki

-          Ganti
15.   
Minyak rem bocor
-          Wheel boot bocor
-          Cup rem bocor
-          Nepel bocor
-          Ganti
-          Ganti
-          Ganti
16.   
Minyak rem tidak dapat mengalir
-          Pipa rem tersumbat
-          Reservoir tersumbat
-          Nepel tersumbat
-          Perbaiki
-          Perbaiki
-          Perbaiki
17.   
Nepel selalu bocor
-          Aliran tersumbat
-          Nepel sudah aus
-          Perbaiki
-          Ganti
18.   
Permukaan tromol selalu basah dengan oli
-          Shil roda bocor
-          Wheel boot bocor
-          Cup rem bocor
-          Ganti
-          Ganti
-          Ganti
19.   
Roda blog walaupun sudah diganti
-          Tromol sudah terkikis
-          Wheel boot bocor
-          Shill roda bocor
-          Ganti
-          Ganti
-          Ganti
20.   
Rem sulit distel
-          Penyetelan tidak berputar
-          Cup rem bocor
-          Pistonnya sudah aus
-          Perbiaki/ganti

-          Aus ganti
-          Aus ganti
21.   
Rem gancet
-          Pegas pengembali lemah
-          Tekanan minyak dan udara tidak ada
-          Ganti

-          Perbaiki
22.   
Tekanan udara lebih tinggi dari minyak rem
-          Masuk angin
-          Minyak rem habis
-          Pemblendingan tidak benar
-          Perbaiki
-          Isi ulang
-          Perbaiki
23.   
Kampas rem cepat habis
-          Jarak kampas terlalu dekat dengan tromol
-          Penyetelan tidak benar
-          Rem terlalu pakem
-          Perbaiki

-          Perbaiki

-          Perbaiki
24.   
Timbul suara jerit habis di rem
-          Tromol dari pelapis rem kotor dan pad aus/tergores
-          Pelepas/pad rem kotor tercemar/berkaca
-          Kesalahan pengguna pelapis atau pad rem
-          Periksa, perbaiki/ganti

-          Bersihkan/perbaiki


-          Periksa dan stel
25.   
Cup rem mudah bocor
-          Piston tidak bekerja dengan baik
-          Kualitas cup rem tidak bagus
-          Perbaiki

-          Ganti
26.   
Rem tidak pakem
-          Pemasangannya tidak benar
-          Kampas habis
-          Minyak rem habis
-          Shil roda bocor
-          Perbaiki

-          Ganti
-          Isi ulang
-          Ganti
27.   
Troma cepat panas
-          Penyetelan tinggi sebelah
-          Pemasangannya tidak benar
-          Kampas selalu bergesekan dengan tromol
-          Perbaiki

-          Perbaiki

-          Perbaiki
28.   
Lampu rem tidak menyala
-          Kabel putus
-          Arus listrik terputus-putus
-          Lampunya putus
-          Perbaiki
-          Perbaiki

-          Ganti
29.   
Timbul suara derit walaupun tidak direm
-          Pedal rem/batang pendorong booster
-          Daya kembali booster rem/master silinder roda lemah.
-          Pedal penahan septum rem lemah
-          Tonjolan backing plate aus backing plate bergerak
-          Kesalahan pembuatan tromol
-          Periksa dan stel

-          Periksa/pebaiki/ganti


-          Ganti pegas

-          Perbaiki


-          Ganti tromol
30.   
Timbul suara gemrincing atau suara kerukan
-          Adanya batu/benda asing yang ada di dalam tromol.
-          Mur roda kendor

-          Pedal rem/batang pendorong booster rem salah
-          Bantalan roda aus, rusak/kering
-          Keluarkan benda asing/aut

-          Kencangkan mur tersebut
-          Periksa dan setel


-          Periksa/lumasi, atau ganti bantalan


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Diagnosa Kerusakan pada Sistem Rem Tromol"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel