Pengertian Penyiaran (Broadcasting)

Pengertian Penyiaran (Broadcasting) 

Dari segi bahasa(etimologi) penyiaran berarti proses, cara, dan perbuatan menyiarkan. Sedangkan arti istilah (terminologi) penyiaran menurut J.B. Wahyudi (1996) adalah: 
  1. Proses komunikasi suatu titik ke audiens, yaitu suatu proses pengiriman informasi dari seseorang atau produser (profesi) kepada masyarakat melalui proses pemancaran elektromagnetik atau gelombang yang lebih tinggi.
  2. Penyiaran yang merupakan padanan kata broadcasting yaitu semua kegiatan yang memungkinkan adanya siaran radio dan televisi yang meliputi segi ideal, perangkat keras dan lunak yang menggunakan sarana pemancaran atau transmisi, baik di darat maupun di antariksa dengan menggunakan gelombang elektromagnetik atau gelombang yang lebih tinggi untuk dipancar luaskan dan dapat diterima oleh khalayak melalui pesawat penerima radio atau televisi dengan atau tanpa alat bantu. 
Menurut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 mengartikan penyiaran atau broadcasting sebagai kegiatan pemancarluasan siaran melalui sarana pemancaran dan atau sarana transmisi di darat, di laut, dan di antariksa dengan menggunakan spectrum frekwensi radio (sinyal radio) yang berbentuk gelombang elektromagnetik yang merambat melalui udara, kabel dan atau media lainnya yang dapat diterima secara serentak dan bersamaan oleh masyarakat dengan perangkat penerima siaran. 

Dengan ini dapat diartikan bahwa penyiaran adalah kegiatan atau proses transmisi informasi atau pesan yang berisikan ide, gagasan, pemikiran, dari satu titik, seseorang, produser, komunikator kepada audiens, khalayak masyarakat banyak melalui sarana pemancaran atau transmisi baik melalui darat, laut maupun antariksa dengan menggunakan spectrum frekwensi radio (sinyal radio) yang berbentuk gelombang elektromagnetik yang dipancarluaskan dan dapat diterima melalui pesawat penerima radio atau televisi. Broadcasting (dalam bahasa Indonesia adalah Kepenyiaran) yaitu proses menyampaikan siaran melalui perangkat elektronika yang dinamakan Pemancar atau Transmitter untuk kemudian diterima oleh Si Penerima Siaran melalui alat penerima siaran yang disebut Receiver. Broadcasting adalah cabang dari ilmu komunikasi yang berhubungan dengan penyiaran. Di dalam broadcasting sendiri sebenarnya yang paling dominan dikaji adalah bagaimana membuat konten sebuah siaran mulai dari praproduksi-produksi-pascaproduksi, jadi bukan hanya belajar secara teori saja namun di broadcasting mempelajari praktik bagaimana membuat sebuah tayangan/ konten yang menarik dan enak dilihat atau didengar, atau menurut teori ilmu komunikasi, bagaimana pesan yang disampaikan sampai kepada khalayak ramai/umum. Broadcasting bisa digunakan untuk media massa elektronik, yakni yang disampaikan kepada banyak orang, maupun broadcasting untuk satu atau beberapa orang saja, seperti rapat online, chating, ngebreak, dll.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Penyiaran (Broadcasting) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel