Prinsip dan Cara Kerja Differential

Prinsip dan Cara Kerja Differential 


Prinsip Kerja Differential 

Pada saat kendaraan membelok, jarak tempuh roda bagian dalam lebih kecil dari jarak tempuh roda bagian luar. Dengan demikian, roda bagian luar harus berputar lebih cepat dari roda bagian dalam. Bila roda-roda berputar dengan kecepatan yang sama, maka salah satu ban akan slip, yang akan mengakibatkan ban cepat aus. Untuk mengatasi hal tersebut ditemukanlah differential oleh orang yang berkebangsaan Amerika (AS) yang bernama Vannevar Buh Paon tahun 1931 yang bertujuan untuk membedakan putaran roda. 
Prinsip Kerja Differential 

Cara Kerja Differential
a) Cara kerja differential pada saat berjalan membelok 
Pada saat mobil berjalan membelok, maka roda belakang sebelah luar akan berputar lebih cepat dan menempuh jarak yang lebih jauh dari pada roda bagian dalam. Dalam hal ini pada bagian roda belakang tertahan berhenti sebentar, maka pada saat indi drive pinion masih memutarkan ring gear, ring gear dan bak differential membawa poros gigi platnet ke dalam putaran dan berusaha membawa side gear ke dalam putaran, gigi planet tidak dapat membawa gigi samping sebelah sebelah dalam ke dalam putaran, karena rodanya tertahan. Oleh karena itu roda sebelah luar akan berputar lebih cepat daripada roda sebelah dalam. Hal demikian dapat diatasi karena gigi planet dapat berputar bebas pada porosnya. Dengan kerja differential ini, terdapat suatu kerugian yaitu apabila berjalan pada jalan yang berlumpur salah satu roda belakangnya akan slip ke samping. 


Cara Kerja Differential pada saat Berjalan Membelok 

b) Cara Kerja Differential pada saat Kendaraan Berjalan Lurus 
Pada saat mobil berjalan lurus maka gir ring, bak differential, gigi planet, gigi samping dan poros roda bakan berputar dan merupakaan suatu kesatuan. Dalam hal ini gigi planet dan side gear saling mengunci, berarti kedua poros roda akan terbawa ke dalam putaran yang dilakukan oleh gigi planet pada porosnya, pada saat demikian jumlah putaran akan sama, selama kendaraan berjalan lurus, poros roda akan diputarkan langsung oleh drive pinion melalui ring gear, baik differential poros gigi, gigi planet dan side gear. Dalam hal ini baik bak differential, gigi planet dan side gear tidak berputar dan terkunci, jadi terbawa oleh putaran ring gear. 


Cara Kerja Differential pada saat Kendaraan Berjalan Lurus

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Prinsip dan Cara Kerja Differential"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel