Contoh Proposal Kegiatan Wisata Belajar Yogyakarta
PROPOSAL KEGIATAN
WISATA BELAJAR YOGYAKARTA
SMA NEGERI 1 BANTARSARI
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
WISATA BELAJAR YOGYAKARTA
SMA NEGERI 1 BANTARSARI
I.
DASAR
PEMIKIRAN
Perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan di
Indonesia tidak terlepas dari pengaruh perubahan globalisasi, ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni dan budaya.
Perubahan ini membuat para pelajar harus mampu membekali diri agar bisa
menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Pelajar merupakan generasi penerus
yang harus memiliki kecerdasan dan wawasan luas untuk menghadapi masa depan, Departemen Pendidikan Nasional
menerbitkan kurikulum yang merupakan kecakapan hidup dan belajar sepanjang
hayat yang dibakukan dan harus di capai oleh peserta didik melalui pengalaman
belajar.
Wisata Belajar adalah suatu metode belajar diluar yang mampu membekali
para siswa/siswi secara langsung berinteraksi berkaitan dengan bahan ajar yang
mereka pelajari di sekolah, contoh
: Objek Wisata Candi Borobudur. Yang dipelajari bukan hanya Sejarah, tetapi
juga dari segi Ekonomi, Sosiologi, PPKn, KTK,Matematika dan
IPA.
Dengan Wisata Belajar siswa dapat melihat, dan merasakan
sendiri suatu objek secara langsung dalam suasana gembira bersama kawan-kawan
dibawah bimbingan guru. , Candi Borobudur, Kasongan, Keraton Yogyakarta, Candi
Prambanan dan Malioboro sangat tepat untuk objek Wisata Belajar sebab objek
tersebut sarat dengan tinjauan Standar Kompetensi Lintas Kurikulum. Diharapkan
setelah melaksanakan Wisata Belajar siswa dapat membuat laporan secara tertulis
hasil kunjungan tersebut, dibawah bimbingan guru.
II.
LANDASAN
1. Program kerja OSIS SMA Negeri 1
Bantarsari Tahun Pelajaran 2015/2016
2. Kurikulum 2013
3. SK dirjen Dikdasmen nomor
226/C/Kep/O/1992 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler
III.
TUJUAN KEGIATAN
1. Memperkenalkan
siswa/siswi kepada objek wisata tertentu yang berkaitan dengan mata pelajaran
disekolah
2. Menumbuhkan wawasan kebangsaan yang
tinggi bagi siswa-siswi
3. Menambah wawasan siswa-siswi tentang
peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia ( Borobodur dan Keraton ) yang
memiliki nilai sejarah tinggi.
4. Menumbuhkan semangat apresiasi
tentang ilmu pengetahuan yang universal dan dapat menyaksikan karya bangsanya
sendiri, dengan cara melihat, mengamati, kemudian menilai/menarik kesimpulan
dan pada akhirnya dapat menghargainya.
5. Menyempurnakan metode belajar
mengajar dengan metode melihat, merasakan dan mengalami secara langsung tentang
suatu objek dibawah bimbingan guru.
6. Memberikan penyegaran atau
menghilangkan kejenuhan setelah melaksanakan rutinitas belajar didalam kelas.
7. Setelah melaksanakan Wisata Belajar
siswa dapat mengisi Lembar Kerja Siswa (LKS) yang telah disediakan sesuai
dengan objek yang dikunjungi
IV.
OBJEK WISATA BELAJAR
Objek Wisata Belajar Yogyakarta SMA Negeri 1 Bantarsari
Tahun Pelajaran 2015/2016
yang akan
dikunjungi adalah
sebagai berikut:
1. Candi Borobudur
2. Kasongan
3. Keraton Yogyakarta
4. Candi Prambanan
5. Malioboro
V.
WAKTU
PELAKSANAAN
Karyawisata ini akan dilaksanankan selama satu hari yaitu
sejak tanggal 23 Januari 2016.
VI.
SUSUNAN
KEPANITIAAN
SUSUNAN PANITIA WISATA BELAJAR
YOGYAKARTA 2015
Penanggung
Jawab umum :
Mokhtar, S.Pd
Penasehat : Tri Nurjannah, S.Pd.Si
Penanggung
Jawab Kegiatan :
Suprayitno, S.Pd
Ketua : Irgi
Wakil :
Endro
Koordinanator
Sekretar : 1. Novita
2. Ma’arif
Koordinator
Bendahara :
1. Novi Elisabet
2. Ratna
Koordinator Humas : 1. Dimas Dodi
2. Eni
Koordinator Konsumsi : 1. Sri Wuryani
Koordinator : Sugeng Kiswanto
Koordinator P3K : Rahmat Tri .P
Koordinator : Wahyu Edi
Koordinator Perlengkapan : Istiawan
VII.
PESERTA
WISATA BELAJAR
Peserta Wisata Belajar Yogyakarta adalah seluruh siswa-siswi
kelas X SMA Negeri 1 Bantarsari yang telah menyatakan diri ikut dan didampingi
oleh guru pendamping.
VIII. SUMBER DANA
Wisata Belajar Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 menggunakan sumber dana yang
seluruhnya dibiayai oleh peserta yang ikut wisata belajar yaitu
sebesar Rp. 280.000,00 (Dua ratus delapan puluh ribu rupiah) per siswa.
IX.
TRANSPORTASI
DAN AKOMODASI
Transportasi dan Akomodasi Wisata Belajar Yogyakarta bagi
siswa-siswi SMA Negeri 1 Bantarsari tahun pelajaran 2015/2016 menggunakan jasa travel
dengan fasilitas sebagai berikut:
1. Bus pariwisata
2. Makan prasmanan
3. Penginapan
4. Tiket masuk objek wisata,tol,parkir
dan retribusi sesuai program.
5. Kaos untuk tiap peserta
6. Asuransi perjalanan Jasa Raharja
7. Asuransi Jiwa
8. Buku Panduan
X.
PENUTUP
Dengan Wisata Belajar ini siswa dapat melihat, merasakan,
mengalami,
membandingkan secara langsung objek
atau materi pelajaran dibawah bimbingan guru. Selain itu metode Wisata
Belajar dapat menimbulkan kegairahan baru bagi siswa juga guru setelah sekian
lama mengikuti rutinitas belajar mengajar di dalam kelas. Objek Wisata Belajar
harus disesuaikan dengan materi pelajaran, sehingga Wisata Belajar
dapat dirasakan sekali manfaatnya baik oleh guru maupun siswa sebagai
peserta, dengan kata lain Wisata Belajar harus tepat sasarannya yaitu mencari
ilmu pengetahuan sambil bergembira dan berkarya.
Semoga dengan dilaksanakannya Wisata Belajar ini
terutama wawasan kebangsaan yang cukup tinggi, menambah kegairahan
belajar dan menjadi pendorong untuk apresiasi melihat, menilai, mencintai dan
menghargai karya bangsa sendiri dan pada akhirnya dapat menghargai sesuatu yang
positif dalam kehidupan kita sehari-hari.
Ketua
Panitia
IRGI
|
Bantarsari, Januari 2016
Sekertaris
Ma’arif .B
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
MOKHTAR, S.Pd
|
Kesiswaan
Tri Nurjannah, S.Pd.Si
|
0 Response to "Contoh Proposal Kegiatan Wisata Belajar Yogyakarta"
Post a Comment