Perbandingan Mendel

PRAKTIKUM PERBANDINGAN MENDEL

TUJUAN
Memahami mekanisme pewarisan sifat dalam persilangan Monohibrida Dominan Penuh.

DASAR TEORI

Setiap individu suatu organisme yang berkembang biak secara seksual, terbentuk dari hasil peleburan 2 gamet yang berasal dari kedua induknya. Berdasarkan hipotesis mendel, setiap sifat dikendalikan oleh pasangannya, faktor keturunan yang sekarang disebut gen. Pada pembentukan gamet, dalam peristiwa meiosis pasangan kedua gen berpisah. Pada proses fertilisasi gamet-gamet yang mengandung gen itu akan melebur secara acak.

Dalam kegiatan ini kita akan menemukan angka-angka perbandingan mendel melalui teori kemungkinan, disamping itu kita akan memahami pengertian Dominan, Resesif, Fenotipe dan Genotipe.

ALAT DAN BAHAN 

1. Kotak genetika.
2. Model gen berwarna merah dan putih masing-masing 80 biji.
3. Dua buah kotak atau bekas tempat detergen.

CARA KERJA

  1. Mengambil model gen merah dan putih masing-masing 40 pasang atau 80 biji.
  2. Menyisihkan satu pasang model gen merah dan sepasang model gen putih dalam keadaan terpasang, ini dimisalkan individu merah dan individu putih.
  3. Membuka pasangan gen pada nomor 2. Ini dimisalkan pemisahan gen pada pembentukan gamet, baik oleh individu merah maupun individu putih.
  4. Menggabungkan model gen jantan merah dengan model gen betina putih dan sebaliknya, yang terbentuk adalah F1, keturunan individu merah dengan individu putih.
  5. Memisahkan kembali model gen merah dari model gen putih. Hal ini menggambarkan pemisahan gen pada pembentukan gamet oleh F1. Selanjutnya semua model gen jantan baik merah maupun putih masukan ke dalam (kotak jantan dan kotak betina).
  6. Selanjutnya semua model gen jantan baik merah maupun putih dimasukan dimasukan ke dalam kotak jantan dan model gen betina baik merah maupun putih ke dalam kotak betina.
  7. Dengan mata tertutup atau tanpa melihat bendanya ambilah secara acak (dikocok dahulu sebelumnya) sebuah gen dari masing-masing kotak, kemudian menjodohkan atau memasangkan.
  8. Melakukan terus menerus pengambilan model gen dari kedua kotak sampai habis
  9. Mencatat setiap pasangan model gen yang terambil itu kedalam tabel pencatatan data tersebut!

TABEL HASIL PENGAMATAN

No.
Pasangan Gen
Tabulasi Ijiran
Jumlah
1.
Merah-Merah
IIII  IIII  IIII  IIII  II
22
2.
Merah-Putih
IIII  IIII  IIII  IIII  IIII III
36
3.
Putih-Putih
IIII  IIII  IIII  IIII  II
22
Jumlah Seluruhnya
80

PERTANYAAN
  1. Dari hasil pencatatan data diatas buatlah perbandingan frekuensi antara pasangan Merah-Merah : Merah-Putih : Putih-Putih = ….
  2. Kalau pasangan model gen merah-putih diletakan sedemikian, dimana model gen merah disebelah atas dan yang putih disebelah bawah warna apa yang tertutup dan warna apa yang terlihat = ….
  3. Pasangan model gen manakah yang dimaksud pada nomor 2 kelihatannya sama?
  4. Kemudian bagaimanakah perbandingan jumlah pasangan apabila pasangan merah-putih diletakan seperti pada nomor 2 itu?
  5. Berapa macam susunan pasangan model gen yang kamu peroleh? Mengapa demikian?
  6. Bila ditinjau dari warna yang tampak saja, berapa macam pula pasangan model gen itu?
  7. Bila percobaan diatas adalah persilangan antara 2 tanaman yang F1 nya berfenotipe, bunga merah dengan genotipe Mm. misalnya model gen merah adalah gen yang bersifat merah dominan dan diberi simbol M. Model gen putih bersifat resesif diberi simbol m. Buatlah skema persilangannya!
JAWABAN
  1. Dari hasil pencatatan data di atas maka perbandingan frekuensi antara pasangan merah-merah : merah-putih : putih-putih adalah 1 : 2 : 1.
  2. Kalau pasangan model gen merah-putih diletakan sedemikian, dimana model gen merah disebelah atas dan yang putih disebelah bawah maka warna yang tertutup adalah warna putih dan warna yang terlihat adalah warna merah.
  3. Pasangan model gen yang dimaksud pada nomor 2 kelihatannya sama adalah pasangan merah : merah dengan merah-putih.
  4. Kemudian perbandingan jumlah pasangan apabila pasangan merah-putih diletakan seperti pada nomor 2 adalah 3 : 1.
  5. Susunan pasangan model gen yang kami peroleh ada 3 pasangan yaitu merah-merah, merah-putih, putih-putih.
  6. Bila ditinjau dari warna yang tampak saja maka pasangan model gen itu ada 2 macam yaitu merah-merah, putih-putih.
  7. Bila percobaan diatas adalah persilangan antara 2 tanaman yang F1 nya berfenotipe bunga merah dengan genotipe Mm misalnya model gen merah adalah gen yang bersifat merah dominan dan diberi simbol M, model gen putih bersifat resesif diberi simbol m, maka skema persilangannya adalah sebagai berikut :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbandingan Mendel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel