Tujuan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) / Praktek Kerja Industri

Tujuan Praktek Kerja Industri
Praktik Kerja Industri (Prakerin) merupakan suatu sistim pembelajaran yang dilakukan diluar proses Belajar Mengajar dan dilaksanakan pada perusahaan atau industry atau instansi yang releven. Secara umum pelaksanaan pogram Praktik Kerja Industri (Prakerin) di tunjukkan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa di bidang teknologi, penyesuaian diri dengan situasi yang sebenarnya, mengumpulkan informasi dan menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuan khusus. Setelah siswa melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin) secara khusus, siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang mencakup tinjauan tentang perusahaan, dan kegiatan – kegiatan praktik yang behubungan langsung tentang teknologi. Dan mempersiapkan para siswa atau siswi untuk belajar bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan keahlian sesuatu dengan minat dan bakat masing – masing. Penyelenggaraan Praktik Kerja Industri (Prakerin) adalah sebagai berikut : 

Tujuan Umum 

  1. Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, ketrampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja. 
  2. Memperkokoh antara link dan macth dan dunia kerja. 
  3. Meningkatkan efektifitas proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas. 
  4. Memberi pengakuan dan penghargaan tehadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan. 
Tujuan Khusus 
  1. Mempersiapkan siswa untuk belajar mandiri, bekerjasama dalam bentuk tim dan mengembangkan potensi dan kreativitas sesuai dengan minat dan bakat masing – masing. 
  2. Meningkatkan status dan kepribadian siswa sehingga mampu berorientasi, berkomunikasi dan memiliki rasa tanggug jawab serta disiplin yang tinggi. 
  3. Memberi kesempatan bagi siswa yang berpotensi untuk menjadi tenaga yang terampil dan produktif berdasarkan pengakuan standar profesi. 
  4. Melaksanakan praktik yang sesungguhnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tujuan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) / Praktek Kerja Industri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel