Rangkuman Materi Media Promosi Pemasaran Kelas X Semester 2


MEDIA PROMOSI PEMASARAN

A.    Promosi dalam Pemasaran
Menurut Saladin (2003), promosi merupakan salah satu unsur dalan pemasaran unit usaha yang dimanfaatkan untuk memberitahukan, mengingatkan, dan membujuk konsumen mengenai produk perusahaan.
  1. Pengertian Promosi menurut para ahli :
a.       Menurut Swastha, Promosi adalag ventuk persuasi satu arah yang dibuat untuk memengaruhi orang lain dengan tujuan menciptakan pertukaran pemasaran.
b.      Menurut Boone dan Kurtz, Promosi adalah proses menginformasikan,mebujuk dan memengaruhi suatu keputusan pembelian.
c.       Menurut Tjiptono, Promosi sebagai bentuk komunikasi pemasaran dalam rangka mnyebarkan informasi,membujuk serta mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli & loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
d.      Menurut Kotler, Promosi adalag bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi.
e.       Menurut Zimmerer, Promosi adalag segala macam komunikasi persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan mengenai produk dan untuk memengaruhi mereka agar membeli produk tersebut yang mencakup publisitas, penjualan perorangan dan periklanan.
  1. Tujuan Promosi
a.       Menyebarluaskan informasi mengenai suatu produk kepada masyarakat atau calon konsumen potensial.
b.      Menjangkau dan mendapatkan konsumen baru serta menjaga loyalitas mereka.
c.       Membantu menginformasikan keunggulan dan pembeda produk yang dimiliki dibandingkan dengan produk barang.
d.      Menciptakan citra suatu produk dimata konsumen sesuai keinginan perusahaan.
e.       Memengaruhi pendapat dan perilaku konsumen terhadap suatu produk.
  1. Jenis - jenis Promosi
a.       Promosi secara langsung
Merupakan cara mengenalkan produk dengan bertemu calon konsumen secara langsung dalam suatu wilayah yang sudah ditentukan.
Contoh :
1)      Membagikan brosur pada sebuah bazar.
2)      Membagikan contoh produk di sebuah lokasi keramaian.
3)      Memasang spanduk digital pada tempat usaha.
b.      Promosi melalui media offline
Promosi jenis ini adalah cara untuk mengenalkan produk dengan menggunakan media offline.
Contoh :
1)      Memasang iklan pada brosur.
2)      Koran.
3)      Majalah.
4)      Televisi.
5)      Radio.
c.       Promosi melalui media online
Jenis promosi ini mengenalkan produk,merek dan usaha melalui media digital, seperti media sosial yaitu Instagram, Facebook, Twitter & Pinterest.

B.     Gambaran Usaha Offline dan Online
  1. Modal, ada 2 yaitu :
a.       Usaha online, membutuhkan modal yang lebih murah karena biaya awal yang dibutuhkan untuk membuka toko online hampir bisa dikatakan gratis jika siswa hanya membuat website tidak berbayar.
b.      Usaha offline, membutuhkan persiapan yang matang karena modal yang dibutuhkan relatif banyak.Contoh : Siswa harus menyiapkan modal untuk sewa gedung yang semakin hari semakin mahal.
  1. Jangkauan pemasaran
a.       Usaha online, mempunyai jangkauan yang sangat luas.
b.      Usaha offline, memiliki jangkauan yang lebih sempit, mungkin hanya pada orang - orang disekitar toko atau daerah saja.
  1. Waktu operasional
a.       Usaha online, tidak terikat oleh waktu sehingga dapat beroperasi selama 24 jam.
b.      Usaha offline, hanya dapat beroperasi pada waktu - waktu tertentu sekitar 8 jam perhari dan tutup pada tanggal merah dan hari libur.
  1. Sistem pemasaran
a.       Usaha online, tidak membutuhkan sistem pemasaran yang rumit cukup melakukan promosi dengan media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain - lain.
b.      Usaha offline, masih membutuhkan dan memakai sistem cetak brosur yang mengeluarkan modal banyak.
  1. Jenis produk
a.       Usaha online, bia menjual berbagai jenis produk
b.      Usaha offline, bisa menjual berbagai jenis barang dalam satu toko.
  1. Jumlah persediaan produk
a.       Usaha online, tidak harus memiliki persediaan siswa dapat memilih sistem dropship & jumlah barang dapat disesuaikan dengan permintaan dari pembeli.
b.      Usaha offline, harus mempunyai stok barang yang akan dipasarkan siswa perlu mencermati barang yang harus diantisipasi ketersediaannya.

C.    Media Promosi Offline
Adalah media untuk memberitahukan mengenai produk dan profil usaha melalui alat yang berwujud & langsung tertuju kepada target konsumen.
Contoh :
  1. Surat kabar
  2. Radio
  3. Televisi
Menurut KBBI, Iklan merupakan berita atau pesan untuk medorong dan membujuk khalayak ramai agar tertarik pada produk yang ditawarkan yang umumnya dipasang pada media massa seperti surat kabar dan majalah.
Definisi - definisi iklan menurut para ahli :
1)      Peter dan Olson
Iklan sebagai penyajian informasi nonpersonal mengenai suatu produk, merek, unit usaha atau toko yang dilakukan dengan bayaran tertentu.
2)      Kriyantono
Iklan sebagai bentuk komunikasi nonpersonal yang menjual pesan - pesan seara persuasif dari sponsor dengan membayar sejumlah biaya guna memengaruhi orang agar membeli suatu produk.
3)      Durianto
Iklan sebagai proses komunikasi yang bertujuan membujuk atau menggiring orang agar mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.
4)      Russel dan Lane
Iklan ialah suatu pesan yabg dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa media komunikasi massa.
a.       Media promosi ruang terbuka
1)      Brosur atau pamflet, menyajikan beberapa informasi.
2)      Booklet, adalah media promosi yang memiliki beberapa jumlah halaman dan dirancang seperti buku mini.
3)      Katalog,merupakan media promosi offline yang bersifat sebagai daftar yang memuat aneka informasi lengkap untuk memudahkan konsumen memilih produk yang diinginkan.
4)      Leaflet, media promosi yang menyerupai brosur, tetapi berbentuk lipatan dan dapat digunakan untuk berbagai hal misalnya katalog mini atau booklet mini.
5)      Flyer, merupakan media promosi yang dicetak satu halaman, mirip leaflet tetapi tidak dilipat.
6)      Kartu nama, umumnya berukuran sekitar 9 x 6 cm berisi nama, alamat,kontak perusahaan, logo dan tambahan info lainnya yang diinginkan pemilik usaha.
7)      Billboard, merupakan iklan luar ruang yang berukuran besar dengan menggunakan struktur permanen.
8)      Baliho, merupakan poster besar yang biasanya dipasang ditepi jalan pada struktur semi permanen untuk promosi jangka pendek.
9)      Spanduk, terbuat dari bahan kain atau plastik berisi informasi ringkes dan gambar yang dicetak dengan model print atau sablon.
10)  Banner, menyerupai poster tetapi penempatannya tidak ditempelkan melainkan ditaruh pada dudukan atau penyangga dari bahan ringan sehingga bisa dipindah-pindah.
b.      Media promosi produk alternatif
Produk alternatif ini beraneka macam, seperti :
1)      Jam dinding
2)      Gelas
3)      Piring
4)      Botol minum
5)      Flashdisk
6)      Kaos
7)      Topi
8)      Tas
9)      Pulpen
10)  Payung
c.       Media promosi offline bentuk lainnya
1)      Surat penawaran
2)      Iklan media cetak, seperti surat kabar, majalah dan tabloid.
3)      Iklan media elektronik, seperti radio dan tv.
4)      Tester atau sample, promosi ini menggunakan media contoh produk yang dibagikan secara langsung kepada orang-orang yang menjadi target promosi.
5)       Word of mouth, lebih dikenal dengan istilah promosi dari mulut ke mulut atau getok tular.

D.    Media Promosi Online
Adalah media yang dapat digunakan untuk melakukan promosi dengan teknologi digital dan internet.
  1. Media sosial, merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat webpage pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi infomasi dan berkomunikasi, seperti :
a.       Facebook, adalah situs medsos terbesar saat ini karena hampir semua orang menggunakan facebook.
b.      Twitter, medsos ini sangat efektif dalam menyampaikan pesan penting dengan singkat.
c.       Instagram, situs berbagi foto dan video.Instagram mengeluarkan filtur terbarunya berupa instastory, dimana pengguna dapat mengunggah foto dan video singkat yang dapat diimbuhi dengan tulisan, emoticon dan filter-filter lainnya.
  1. Seo google, merupakan kepanjangan dari SEARCH ENGINE OPTIMIZATION milik google yang merupakan situs pencarian tidak berbayar atau non iklan dari sebuah mesin pencari.
Tujuan dasar SEO adalah meningkatkan posisi atau peringkat sebuah situs web dihalaman hasil pencarian mesin pencari.
Tujuan utama SEO, antara lain :
a.       Meningkatkan volume trafik kunjungan pengguna internet.
b.      Meningkatkan kualitas trafik kunjungan calon konsumen.
c.       Mempertahankan kedua trafik tersebut secara berkesinambungan.
  1. Blog dan Website untuk bisnis, adalah fasilitas di internet yang dalat digunakan sebagai media promosi usaha tanpa harus membayar sedikitpun kepada penyedia layanan tersebut.
Contoh fasilitas blog yang dapat digunakan antara lain, blogger.com, wordpress.com, web.com dan sites.google.
Perbedaan Antara Blog & Website :
a.       Konten
1)      Blog dapat berisi berbagai macam konten.
2)      Website hanya memiliki produk satu orang dan teknologi yang serupa.
b.      Bahasa konten
1)      Blog bahasanya lebih sederhana dan informal.
2)      Website bahasa formal.
c.       Coding
1)      Blog tidak perlu seorang yang ahli dibidang pengodean.
2)      Website harus paham dan mengerti pengodean seperti, HTMLS, CSS3,PHD.
d.      Daftar konten
1)      Blog daftarnya kronologis postingan.
2)      Website daftarnya statis.
e.       Homepage
1)      Blog dibanjiri berbagai tulisan yang telah diposting.
2)      Website menjelaskan isi dasar situs web.
f.       Rating
1)      Blog dianggap aktif bergantung pada jumlah pengunjung aktif yang dimilikinya.
2)      Website tidak ada.
g.      Waktu
1)      Blog sangat penting.
2)      Website tidak atau kurang interaktif atau tidak berpengaruh.
h.      Interaksi pengguna
1)      Blog lebih interaktif.
2)      Website tidak atau kurang interaktif.
i.        Search engine
1)      Blog yang akan dicari lebih banyak.
2)       Website cenderung statis sehingga memiliki pencarian yang terbatas.


  1. Marketplace
Secara bahasa adalah pasar di internet-internet pasar yang satu ini juga merupakan tempat jual beli barang atau tempat bertemunya penjual dan pembeli.
Keuntungan marketplace, antara lain:
a.       Sudah terciptanya transaksi jual beli.
b.      Banyak belajar dari sesama penjual.
c.       Keamanan bertransaksi dengan rekening bersama.
d.      Bisa memanfaatkan promosi grafis.
e.       Memiliki daya tarik untuk konsumen karena konsep serba ada.
  1. Youtobe
Adalah layanan video hosting online yang memungkinkan orang untuk berbagai video mereka.Penjual bisa menggunakan youtobe untuk mulai mempromosikan produk, mengungkapkan kepribadian merek produk atau jasa usaha penjual, memantau feeback memberikan layanan customer dan membantu dalam menyebarkan berita tentang bisnis.
Video yang dibuat sebaiknya tentang keunggulan produk atau khasiat produk, kemudian berikan no kontak. Penjual akan dibayar jika ada yang mengklik video tayangannya. Di youtobe, penjual dapat memilih lokasi iklan yang akan muncul, bagaimana formatnya dan bahkan berapa banyak penjual bersedia membayar pertampilan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " Rangkuman Materi Media Promosi Pemasaran Kelas X Semester 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel