Rangkuman Materi Media Promosi Pemasaran Kelas X Semester 2
MEDIA PROMOSI PEMASARAN
A. Promosi
dalam Pemasaran
Menurut Saladin (2003), promosi
merupakan salah satu unsur dalan pemasaran unit usaha yang dimanfaatkan untuk
memberitahukan, mengingatkan, dan membujuk konsumen mengenai produk perusahaan.
- Pengertian
Promosi menurut para ahli :
a. Menurut
Swastha, Promosi adalag ventuk persuasi satu arah yang dibuat untuk memengaruhi
orang lain dengan tujuan menciptakan pertukaran pemasaran.
b. Menurut
Boone dan Kurtz, Promosi adalah proses menginformasikan,mebujuk dan memengaruhi
suatu keputusan pembelian.
c. Menurut
Tjiptono, Promosi sebagai bentuk komunikasi pemasaran dalam rangka mnyebarkan
informasi,membujuk serta mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan
produknya agar bersedia menerima, membeli & loyal pada produk yang
ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
d. Menurut
Kotler, Promosi adalag bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk
berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi.
e. Menurut
Zimmerer, Promosi adalag segala macam komunikasi persuasi yang dirancang untuk
menginformasikan pelanggan mengenai produk dan untuk memengaruhi mereka agar
membeli produk tersebut yang mencakup publisitas, penjualan perorangan dan
periklanan.
- Tujuan
Promosi
a. Menyebarluaskan
informasi mengenai suatu produk kepada masyarakat atau calon konsumen
potensial.
b. Menjangkau
dan mendapatkan konsumen baru serta menjaga loyalitas mereka.
c. Membantu
menginformasikan keunggulan dan pembeda produk yang dimiliki dibandingkan
dengan produk barang.
d. Menciptakan
citra suatu produk dimata konsumen sesuai keinginan perusahaan.
e. Memengaruhi
pendapat dan perilaku konsumen terhadap suatu produk.
- Jenis
- jenis Promosi
a. Promosi
secara langsung
Merupakan cara mengenalkan produk dengan bertemu
calon konsumen secara langsung dalam suatu wilayah yang sudah ditentukan.
Contoh :
1) Membagikan
brosur pada sebuah bazar.
2) Membagikan
contoh produk di sebuah lokasi keramaian.
3) Memasang
spanduk digital pada tempat usaha.
b. Promosi
melalui media offline
Promosi jenis ini adalah cara untuk mengenalkan
produk dengan menggunakan media offline.
Contoh :
1) Memasang
iklan pada brosur.
2) Koran.
3) Majalah.
4) Televisi.
5) Radio.
c. Promosi
melalui media online
Jenis promosi ini mengenalkan produk,merek dan usaha
melalui media digital, seperti media sosial yaitu Instagram, Facebook, Twitter
& Pinterest.
B. Gambaran
Usaha Offline dan Online
- Modal,
ada 2 yaitu :
a.
Usaha online, membutuhkan modal yang
lebih murah karena biaya awal yang dibutuhkan untuk membuka toko online hampir
bisa dikatakan gratis jika siswa hanya membuat website tidak berbayar.
b.
Usaha offline, membutuhkan persiapan
yang matang karena modal yang dibutuhkan relatif banyak.Contoh : Siswa harus
menyiapkan modal untuk sewa gedung yang semakin hari semakin mahal.
- Jangkauan
pemasaran
a. Usaha
online, mempunyai jangkauan yang sangat luas.
b. Usaha
offline, memiliki jangkauan yang lebih sempit, mungkin hanya pada orang - orang
disekitar toko atau daerah saja.
- Waktu
operasional
a. Usaha
online, tidak terikat oleh waktu sehingga dapat beroperasi selama 24 jam.
b. Usaha
offline, hanya dapat beroperasi pada waktu - waktu tertentu sekitar 8 jam
perhari dan tutup pada tanggal merah dan hari libur.
- Sistem
pemasaran
a. Usaha
online, tidak membutuhkan sistem pemasaran yang rumit cukup melakukan promosi
dengan media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain - lain.
b. Usaha
offline, masih membutuhkan dan memakai sistem cetak brosur yang mengeluarkan
modal banyak.
- Jenis
produk
a. Usaha
online, bia menjual berbagai jenis produk
b. Usaha
offline, bisa menjual berbagai jenis barang dalam satu toko.
- Jumlah
persediaan produk
a. Usaha
online, tidak harus memiliki persediaan siswa dapat memilih sistem dropship
& jumlah barang dapat disesuaikan dengan permintaan dari pembeli.
b. Usaha
offline, harus mempunyai stok barang yang akan dipasarkan siswa perlu
mencermati barang yang harus diantisipasi ketersediaannya.
C. Media
Promosi Offline
Adalah media untuk memberitahukan
mengenai produk dan profil usaha melalui alat yang berwujud & langsung
tertuju kepada target konsumen.
Contoh :
- Surat
kabar
- Radio
- Televisi
Menurut KBBI, Iklan merupakan
berita atau pesan untuk medorong dan membujuk khalayak ramai agar tertarik pada
produk yang ditawarkan yang umumnya dipasang pada media massa seperti surat
kabar dan majalah.
Definisi - definisi iklan menurut para ahli :
1) Peter
dan Olson
Iklan sebagai penyajian informasi nonpersonal
mengenai suatu produk, merek, unit usaha atau toko yang dilakukan dengan
bayaran tertentu.
2) Kriyantono
Iklan sebagai bentuk komunikasi nonpersonal yang
menjual pesan - pesan seara persuasif dari sponsor dengan membayar sejumlah
biaya guna memengaruhi orang agar membeli suatu produk.
3) Durianto
Iklan sebagai proses komunikasi yang bertujuan
membujuk atau menggiring orang agar mengambil tindakan yang menguntungkan bagi
pihak pembuat iklan.
4)
Russel dan Lane
Iklan ialah suatu pesan yabg dibayar oleh sponsor
dan disampaikan melalui beberapa media komunikasi massa.
a.
Media promosi ruang terbuka
1)
Brosur atau pamflet, menyajikan beberapa
informasi.
2)
Booklet, adalah media promosi yang
memiliki beberapa jumlah halaman dan dirancang seperti buku mini.
3)
Katalog,merupakan media promosi offline
yang bersifat sebagai daftar yang memuat aneka informasi lengkap untuk
memudahkan konsumen memilih produk yang diinginkan.
4)
Leaflet, media promosi yang menyerupai
brosur, tetapi berbentuk lipatan dan dapat digunakan untuk berbagai hal
misalnya katalog mini atau booklet mini.
5)
Flyer, merupakan media promosi yang
dicetak satu halaman, mirip leaflet tetapi tidak dilipat.
6)
Kartu nama, umumnya berukuran sekitar 9
x 6 cm berisi nama, alamat,kontak perusahaan, logo dan tambahan info lainnya
yang diinginkan pemilik usaha.
7)
Billboard, merupakan iklan luar ruang
yang berukuran besar dengan menggunakan struktur permanen.
8)
Baliho, merupakan poster besar yang
biasanya dipasang ditepi jalan pada struktur semi permanen untuk promosi jangka
pendek.
9)
Spanduk, terbuat dari bahan kain atau
plastik berisi informasi ringkes dan gambar yang dicetak dengan model print
atau sablon.
10) Banner,
menyerupai poster tetapi penempatannya tidak ditempelkan melainkan ditaruh pada
dudukan atau penyangga dari bahan ringan sehingga bisa dipindah-pindah.
b.
Media promosi produk alternatif
Produk alternatif ini beraneka macam, seperti :
1) Jam
dinding
2) Gelas
3) Piring
4) Botol
minum
5) Flashdisk
6) Kaos
7) Topi
8) Tas
9) Pulpen
10) Payung
c. Media
promosi offline bentuk lainnya
1) Surat
penawaran
2) Iklan
media cetak, seperti surat kabar, majalah dan tabloid.
3) Iklan
media elektronik, seperti radio dan tv.
4) Tester
atau sample, promosi ini menggunakan media contoh produk yang dibagikan secara
langsung kepada orang-orang yang menjadi target promosi.
5) Word
of mouth, lebih dikenal dengan istilah promosi dari mulut ke mulut atau getok
tular.
D. Media
Promosi Online
Adalah media yang dapat digunakan
untuk melakukan promosi dengan teknologi digital dan internet.
- Media
sosial, merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat webpage pribadi,
kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi infomasi dan
berkomunikasi, seperti :
a.
Facebook, adalah situs medsos terbesar
saat ini karena hampir semua orang menggunakan facebook.
b.
Twitter, medsos ini sangat efektif dalam
menyampaikan pesan penting dengan singkat.
c.
Instagram, situs berbagi foto dan
video.Instagram mengeluarkan filtur terbarunya berupa instastory, dimana
pengguna dapat mengunggah foto dan video singkat yang dapat diimbuhi dengan
tulisan, emoticon dan filter-filter lainnya.
- Seo
google, merupakan kepanjangan dari SEARCH ENGINE OPTIMIZATION milik google
yang merupakan situs pencarian tidak berbayar atau non iklan dari sebuah
mesin pencari.
Tujuan dasar SEO adalah meningkatkan posisi atau
peringkat sebuah situs web dihalaman hasil pencarian mesin pencari.
Tujuan utama SEO, antara lain :
a. Meningkatkan
volume trafik kunjungan pengguna internet.
b. Meningkatkan
kualitas trafik kunjungan calon konsumen.
c. Mempertahankan
kedua trafik tersebut secara berkesinambungan.
- Blog
dan Website untuk bisnis, adalah fasilitas di internet yang dalat
digunakan sebagai media promosi usaha tanpa harus membayar sedikitpun
kepada penyedia layanan tersebut.
Contoh fasilitas blog yang dapat digunakan antara
lain, blogger.com, wordpress.com, web.com dan sites.google.
Perbedaan Antara Blog
& Website :
a. Konten
1) Blog
dapat berisi berbagai macam konten.
2) Website
hanya memiliki produk satu orang dan teknologi yang serupa.
b. Bahasa
konten
1) Blog
bahasanya lebih sederhana dan informal.
2) Website
bahasa formal.
c. Coding
1) Blog
tidak perlu seorang yang ahli dibidang pengodean.
2) Website
harus paham dan mengerti pengodean seperti, HTMLS, CSS3,PHD.
d. Daftar
konten
1) Blog
daftarnya kronologis postingan.
2) Website
daftarnya statis.
e. Homepage
1) Blog
dibanjiri berbagai tulisan yang telah diposting.
2) Website
menjelaskan isi dasar situs web.
f. Rating
1) Blog
dianggap aktif bergantung pada jumlah pengunjung aktif yang dimilikinya.
2) Website
tidak ada.
g. Waktu
1) Blog
sangat penting.
2) Website
tidak atau kurang interaktif atau tidak berpengaruh.
h. Interaksi
pengguna
1) Blog
lebih interaktif.
2) Website
tidak atau kurang interaktif.
i.
Search engine
1) Blog
yang akan dicari lebih banyak.
2) Website
cenderung statis sehingga memiliki pencarian yang terbatas.
- Marketplace
Secara bahasa adalah pasar di
internet-internet pasar yang satu ini juga merupakan tempat jual beli barang
atau tempat bertemunya penjual dan pembeli.
Keuntungan marketplace, antara
lain:
a. Sudah
terciptanya transaksi jual beli.
b. Banyak
belajar dari sesama penjual.
c. Keamanan
bertransaksi dengan rekening bersama.
d. Bisa
memanfaatkan promosi grafis.
e. Memiliki
daya tarik untuk konsumen karena konsep serba ada.
- Youtobe
Adalah layanan video hosting online yang memungkinkan
orang untuk berbagai video mereka.Penjual bisa menggunakan youtobe untuk mulai
mempromosikan produk, mengungkapkan kepribadian merek produk atau jasa usaha
penjual, memantau feeback memberikan layanan customer dan membantu dalam
menyebarkan berita tentang bisnis.
Video yang dibuat sebaiknya tentang keunggulan
produk atau khasiat produk, kemudian berikan no kontak. Penjual akan dibayar
jika ada yang mengklik video tayangannya. Di youtobe, penjual dapat memilih
lokasi iklan yang akan muncul, bagaimana formatnya dan bahkan berapa banyak
penjual bersedia membayar pertampilan.
0 Response to " Rangkuman Materi Media Promosi Pemasaran Kelas X Semester 2"
Post a Comment